Sabtu, 25 Maret 2017

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Office Word dengan Rapi!!!

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Office Word dengan Rapi!!! - Bagi pelajar SMA sederajat terlebih mahasiswa, yang namanya makalah sudah tentu tidak asing lagi. Tugas yang wajib dikerjakan baik secara kelompok maupun perorangan. Dalam makalah itu sendiri terdiri dari, sampul makalah, kata pengantar, daftar isi, pembukaan, pembahasan dan penutup.

Pada kali ini yang akan kita bahas adalah cara membuat daftar isi dengan rapi. Mungkin sebagian dari kita ada yang masih membuatnya secara manual dengan cara menekan tombol titik secara terus menerus, namun pada ujung ketikan akan terlihat tidak rata dan rapi. Padahal jika kita melihat pada cetakan buku kebanyakan ujung ketikan pada nomor halaman terlihat sangat rapi.

Terus bagaimana caranya agar terlihat tetap rata dan rapi?  Solusinya mudah yaitu dengan menggunakan fungsi ‘tab’ pada microsoft word. Ada dua cara penggunaan tab ini, silahkan sobat mau menggunakan yang mana. Silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Pertama Menggunakan Dua Tab

Seperti namanya kita akan menggunakan dua tanda tab pada microsoft. Caranya :

Langkah pertama klik satu kali pada ujung ruler sampai muncul tanda seperti huruf ‘L’, Tanda ini berguna sebagai batas titik-titik nanti seperti di bawah ini.



Lalu klik dua kali pada tanda tersebut hingga muncul sebuah jendela baru. Pilih satu pilihan pada Stop tab position (tanda yang kita buat tadi). Kalau tidak dipilih fungsi titik-titik otomatis nanti tidak akan mucul. Pilih left pada alligment dan pilih nomor 2 (titik-titik) pada leader.



Kemudian buat lagi satu tanda sebagai batas nomor halaman dan klik dua kali pada tanda tersebut sampai muncul jendela seperti langkah sebelumnya. Sobat jangan lupa untuk memilih tab stop position urutan kedua, karena urutan pertama adalah tanda pertama yang kita buat. Setelah itu pilih Right pada Allighment dan pilih none pada Leader.



Sekarang tinggal tekan TAB saja, secara otomatis titik-titik akan muncul. Kemudian tekan TAB lagi untuk mengetik nomor halaman.



Cara Kedua Menggunakan Satu Tab

Sebenarnya caranya sama dan semudah seperti cara di atas, namun kali ini kita hanya akan menggunakan satu tanda tab saja.

Pertama-tama buat satu tanda tab seperti langkah di atas, kemudian klik dua kali pada tanda tersebut. Pilih tab yang kita buat pada Stop tab position. Setelah itu pilih Right pada Alligment dan nomor 2 pada Leader.


Langkah selanjutnya tetap seperti sebelumnya yaitu kita tinggal tekan TAB saja, maka akan muncul titik-titik otomatis dan kemudian ketik nomor halaman. 


Bagaimana mudah kan sobat? Mau pilih yang nomor 1 atau 2 terserah sobat. Yang mana cocok di hati. Hehe. 

Semoga Bermanfaat.
Share jika sobat pikir postingan ini menarik/bermanfaat.. Terimakasih.


0 komentar