Rabu, 22 Maret 2017

Cara Mudah Mencetak Pas Foto Sendiri di Printer Biasa dengan Microsoft Word


Bagi sobat yang ingin mencetak pas foto sendiri tanpa harus ke percetakan studio foto, bisa saja menggunakan printer biasa. Lebih murah dan simple, tapi kualitasnya jangan disamakan ya tentu jauh beda.

“Tapi saya tak bisa mengedit fotonya kan harus di photoshop.” Kata siapa mengedit pas foto cuman bisa di photoshop? Pas foto adalah sistem edit foto paling simpel. Bila tak bisa menggunakan aplikasi photoshop, kita bisa menggunakan Microsoft Word. Karena dalam pas foto kita cuma diminta merubah ukurannya, kecuali mengganti background itu hal yang berbeda.

Oke langkah pertama kita harus menentukan ukurannya dulu. 
Disini orang banyak salah paham tentang ukuran pas foto, misalnya ukuran 2x3 adalah 2cm x 3cm atau 3x4 itu 3cm x 4cm, maka pemahaman seperti itu adalah salah. Namun ukuran yang dipakai 2x3 adalah 0.85 inch x 1.1 inch, untuk lebih lengkapnya silahkan lihat foto di bawah ini.


Kedua, copy file foto yang akan diedit kemudian buka aplikasi MS Word dan pastekan foto tadi. Dan ubah posisi wrap foto menjadi behind text seperti foto di bawah. Hal ini bertujuan agar leluasa memposisikan letak foto.



Ketiga, klik kanan pada foto dan pilih ‘size and position’

Kemudian akan muncul jendela baru, isikan ukuran foto di kolom ‘height untuk tinggi foto’ dan ‘width untuk lebar foto’. Jangan lupa hilangkan centang pada Lock aspect ration dan Relative to original picture size.


Kemudian duplicate foto tadi (terserah sobat) dengan cara copy-paste dan susun seperti di bawah ini. Mimin menduplicatenya menjadi 4 foto untuk ukuran 4x6.



Selesai dan tinggal kita print. Untuk printer biasa dengan sistem tinta dye base, mimin sarankan untuk menggunakan kertas jenis Silky merek Blueprint atau DNP Fotolusio. Berdasarkan pengalaman mimin, jenis kertas inilah yang tak mudah pudar dan tinta jadi tidak luntur apabila terkena air.
Semoga bermanfaat.

0 komentar